Uncategorized

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 3 SD Halaman 162 163 165 166 Subtema 4 Tematik: Bunga Nasional Indonesia

Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 3 SD/MI Tema 1 subtema 4 pembelajaran 3 halaman 162, 163, 165, dan 166 tentang bunga nasional Indonesia. Sejumlah soal ada dalam buku Tema 1 Subtema 4 Pembelajaran 3 Kelas 3 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 161 sampai 166. Ada empat subtema dalam Buku Tematik kelas 3 SD Tema 1 yang berjudul Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.

Masuk Subtema 4, siswa kelas 3 SD akan belajar mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 3 SD/MI dalam Buku Tematik Tema 1 subtema 4. Bunga adalah bagian dari tumbuhan. Bunga diperlukan dalam proses perkembangbiakan sebagian tumbuhan. Ada banyak jenis bunga yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah bunga kebanggaan Indonesia.

Beberapa negara memiliki bunga nasional. Bunga nasional adalah bunga yang dapat mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Misalnya bunga tulip dikenal sebagai bunga negara Belanda. Mawar lebih dikenal sebagai bunga negara Inggris. Indonesia memiliki tiga bunga nasional. Sebutan lain untuk bunga di Indonesia adalah puspa. Bunga melati putih disebut dengan puspa bangsa. Bunga anggrek bulan disebut dengan puspa pesona. Bunga raflesia arnoldi disebut dengan puspa langka.

Pilihlah salah satu bunga, lalu tuliskan ciri ciri bunga tersebut! Penjelasan meliputi bentuk, warna, dan ciri khas lain yang bisa menggambarkan bunga tersebut. 1. Bunga Melati Putih

Bunga melati memiliki warna putih, meski ada beberapa yang berwarna kuning. Bunga melati memiliki aroma atau bau yang khas. Mahkota bunga berwarna putih dengan jumlah lima buah. Tanaman bunga melati memiliki akar tunggang dan bercabang. Batangnya tegak, merambat dan tumbuh lebih dari setahun. Bunga melati tumbuh menumpang pada tanaman lain atau pada struktur. Panjang atau tinggi tanaman bunga melati dapat mencapai 3 meter atau lebih. Batangnya berkayu, berbentuk bulat sampai segi empat, berbuku buku dan bercabang banyak seolah merumpun.

Daun bunga melati bertangkai pendek, helaian daun berbentuk bulat telur, tepi daun rata, panjangnya sekitar 2,5 – 10 cm, lebarnya 1,5 6 cm. Bunga melati dipercaya menjadi simbol kemurnian dan kesucian. Bunga biasanya dipakai sebagai hiasan rambut pengantin dalam upacara pernikahan suku Jawa dan Sunda. 2. Bunga Anggrek Bulan

Bentuk bunga anggrek bulan sangat khas, menyerupai kupu kupu. Sifat bunganya mekar serempak. Ciri khas anggrek bulan adalah kelopak bunganya yang berwarna putih. Di bagian tengahnya ada semacam mahkota berwarna kuning. Walaupun aslinya berwarna putih, tapi kini, ada banyak anggrek bulan yang tidak lagi berwarna putih. Ada yang pink, ungu dan lainnya. Daun tanaman anggrek bulan berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar anggrek bulan berwarna putih berbentuk bulat memanjang dan terasa berdaging. Bunga anggrek bulan memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.

3. Bunga Raflesia Arnoldi Rafflesia arnoldii atau padma raksasa adalah tumbuhan parasit yang tumbuh pada batang pohon lainnya. Bentuk yang terlihat dari bunga Raflesia hanya bunganya saja. Di tempat terbuka, Rafflesia Arnoldii bisa tumbuh dengan diameter satu meter dan mekar beberapa hari. Bunga Rafflesia bisa ditemukan di Pulau Sumatera, Indonesia, salah satunya di Provinsi Bengkulu. Bahkan Bunga Rafflesia arnoldii menjadi identitas Bengkulu.

Bunga Rafflesia arnoldii memiliki bunga yang melebar dengan lima mahkota bunga. Bunga menjadi satu – satunya bagian tumbuhan yang terlihat dari Rafflesia arnoldii, karena tidak ada akar, daun dan batang. Satu bunga terdiri dari lima kelopak kasar yang berwarna oranye dan berbintik bintik dengan krim berwarna putih. Pada saat bunga mekar, diameternya dapat mencapai 70 hingga 110 cm dengan tinggi mencapai 50 cm dan berat hingga 11 kg. Bunga yang berwarna warni dapat menjadi ide dalam membuat karya.

Masih ingatkah kamu dengan kerajinan mozaik? Warnai gambar bunga di bawah ini menggunakan kertas warna yang dipotong potong. Kertas potong dapat diperoleh dengan menyobek atau menggunting. Masih ingatkah kamu cara menyelesaikan soal pembagian?

Contoh: Seorang petani memanen bunga mawar. Hasil panennya ada 141 tangkai bunga mawar. Petani akan menyimpan dalam 3 tempat, yang masingmasing memuat tangkai bunga sama banyak.

Proses di atas ditulis dalam bentuk pembagian 141 : 3 = … Selesaikan soal di bawah ini sesuai contoh!

1. Siti memiliki 484 tangkai bunga anggrek. Siti ingin menyimpan dalam 4 buah vas bunga dengan banyak tangkai bunya yang sama pada masing masing vas. Berapa banyak tangkai bunga anggrek pada setiap vas bunga? 484 : 4 = ……..

Jadi, jumlah bunga anggrek pada setiap vas bunga ada 121 tangkai. 2. Pohon melati Lani berbunga sangat banyak. Lani memetik 224 bunga melati. Lalu, ia menyimpannya dalam 4 buah tempat. Masing masing tempat memuat bunga sama banyak. Berapa banyak bunga melati pada setiap tempat?

Jawaban: 224 : 4 = …….. Jadi, jumlah bunga melati pada setiap tempat ada 56 bunga.

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.