Uncategorized

Head to Head UEA Vs Indonesia, Kapan Terakhir Kali Skuat Garuda Bisa Menang?

Timnas Indonesia tercatat sudah lima kali berjumpa dengan timnas Uni Emirat Arab, kapan terakhir kali skuad Garuda meraih kemenangan? Setelah menderita kekalahan telak 0 4 dari Vietnam, Timnas Indonesia akan melakoni laga terakhir menghadapi UEA. Laga Timnas Indonesia versus UEA akan berlangsung di Stadion Zabeel, Dubai, pada Jumat (11/6/2021) malam WIB.

Duel ini menjadi laga pamungkas skuad asuhan Shin Tae yong di kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia. Meski sudah dipastikan tersingkir, Tim Merah Putih bertekad memberikan hasil maksimal di laga terakhir. Timnas Indonesia saat ini terdampar di dasar klasemen grup G dengan torehan satu poin dari tujuh pertandingan.

Pada tujuh laga sebelumnya, Evan Dimas dkk mengalami enam kekalahan dan satu hasil imbang. Laga melawan UEA bakal menjadi kesempatan terakhir Tim Merah Putih untuk meraih kemenangan perdana. Kendati demikian, mengalahkan UEA yang berhasil meraih kemenangan 3 1 atas Thailand, tentu bukan pekerjaan mudah.

Apalagi, skuad asuhan Bert van Marwijk kini berada dalam tren positif setelah meraih dua kemenangan beruntun di laga sebelumnya. Berdasarkan rekor pertemuan, Timnas Indonesia dan UEA sudah bertemu sebanyak lima kali di berbagai kompetisi. Dari lima pertemuan tersebut, Timnas Indonesia meraih dua kemenangan dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

Meski begitu, terakhir kali skuad Garuda meraih kemenangan atas UEA adalah pada tahun 1986, atau 35 tahun yang lalu. Timnas Indonesia meraih dua kemenangan atas UEA pada era 1980 an di Piala Merdeka dan Asian Games. Pertemuan pertama kedua negara terjadi di Piala Merdeka 1981 di mana Indonesia menang telak 5 2 atas UEA.

Dalam turnamen yang sama pada tahun 1982, giliran UEA yang mengalahkan Indonesia dengan skor tipis 2 1. Indonesia dan UEA kembali bertemu di perempat final sepak bola Asian Games 1986 yang digelar di Korea Selatan. Pada saat itu, kedua tim bermain imbang 2 2 hingga pertandingan berakhir dalam waktu normal.

Laga kemudian dilanjutkan ke babak adu penalti yang akhirnya dimenangkan Indonesia dengan skor 4 3. Kemenangan itu membuat Indonesia lolos ke semifinal, namun gagal melaju ke partai puncak setelah dibungkam tim tuan rumah. Timnas Indonesia pada akhirnya finis di peringkat keempat setelah kalah dari Kuwait dalam perebutan posisi ketiga.

Sepuluh tahun kemudian, Indonesia dan UEA kembali bertemu di Piala Asia 1996 di mana skuad Garuda kalah 0 2. Terakhir, kedua negara bertemu lagi pada babak penyisihan grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Oktober 2019. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno itu, Indonesia tak berkutik dan kalah telak 0 5.

September 1981: Indonesia 5 2 UEA (Piala Merdeka) 14 Agustus 1982: UEA 2 1 Indonesia (Piala Merdeka) Oktober 1986: Indonesia 2 2 (4 2) UEA (Asian Games)

10 Desember 1996: Indonesia 0 2 UEA (Piala Asia) 10 Oktober 2019: Indonsia 0 5 UEA (Kualifikasi Piala Dunia 2022)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *